Jumat, 11 Desember 2009

BAB V

BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan nilai 0,2472 yaitu nilai yang lebih besar dari – 1. Maka disimpulkan bahwa telah terjadi hubungan positif aspek psikoterapi dalam tahfidz al-Qur’an dengan tingkat ketenangan pikiran santri di Pondok Pesatren Ummul Qura Tangerang Selatan. Dengan demikian hipotesa a (Ha) diterima.
Kemudian untuk menginterpretasi besarnya hubungan aspek psikoterapi dalam tahfidz al-Quran dengan tingkat ketenangan pikiran santri di Pondok Pesantren Ummul Qura Tangerang Selatan dapat diketahui dari besarnya nilai 0, 2472 yang berarti ”telah terjadi hubungan korelasi lemah atau rendah antara variabel X dan variabel Y”.

B. Saran-saran
1. Kepada para tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Ummul Qura Pondok Cabe Tangerang diharapkan lebih fokus lagi terhadap program tahfidz al-Qur’an, walaupun dapat dimaklumi dengan banyaknya mata pelajaran dapat mempengaruhi terbaginya konsentrasi. Selanjutnya bagi para tahfidz al-Qur’an diharapkan untuk memperhatikan barbagai adab dalam menghafal al-Qur’an yang syarat dengan aspek psikoterapi yang akan mempengaruhi keberhasilan hafalan dan berpengaruh positif pada ketenagan pikiran.
2. Kepada lembaga Pondok Pesantren Ummul Qura Pondok Cabe Tangerang diharapkan dapat meningkatkan metode dalam memacu santri untuk konsiten dalam penghafalan al-Qur’an. Selanjutnya diharapkan pula untuk menyediakan pasilitas pendukung dalam tahfidz al-Qur’an seperti dibangunya masjid pesantren yang akan mempermudah bagi santri untuk mendapatkan tempat yang tepat untuk ketenangan dalam menghafal al-Qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar